The Ghan, kereta terpanjang di dunia

      Comments Off on The Ghan, kereta terpanjang di dunia

Kebayang gak sih, hai para pecinta kereta api, kalian bisa naik kereta api terpanjang di dunia ?

Adakah kereta terpanjang itu ? ada dong ??

Yuk menyimak bareng – bareng…

Darwin – yaa nama yang tak asing di telinga kita . Tak hanya punya satwa unik dan pemandangan eksotik, Australia juga punya rangkaian kereta api terpanjang di dunia. Panjangnya setara 12 lapangan sepakbola! WOOWWW!!!!

The Ghan, begitulah nama kereta api ini. Dan sudah dinobatkan oleh The Guiness World Records sebagai kereta terpanjang di dunia. Panjang resminya mencapai 3,600 kaki (setara 1,09 km), terdiri dari 44 gerbong penumpang dan 2 buah lokomotif.

Dari informasi yang dihimpun dari beberapa sumber,The Ghan merupakan kereta api yang sangat legendaris di Australia. Mulai beroperasi sejak tahun 1929, sudah melayani rute dari Adelaide menuju ke Darwin, membelah benua Australia dari ujung selatan menuju ke utara.

Perjalanan sejauh 2.979 Km itu dapat ditempuh oleh The Ghan dalam waktu 54 jam, atau kurang lebih 3 hari 2 malam, dengan satu kali pemberhentian di Kota Alice Springs selama kurang lebih 4 jam. Kecepatan rata-ratanya mencapai 85 Km/jam. Heemmm kebayang kan ??

Dengan jumlah gerbong mencapai 44 buah, Kereta api ini mampu menampung hingga 5.800 penumpang sekali jalan. Untuk melayani penumpang sebanyak itu, di sediakan 6 gerbong restoran, 5 gerbong lounge, serta gerbong khusus untuk barang bawaan traveler.

Tak hanya itu, ada sekitar 55 kru yang bertugas untuk melayani para penumpang. Sekali perjalanan, di siapkan sekitar 190 kg daging ikan, 190 kg sayuran, serta 3.000 butir telur untuk sarapan penumpang. Kereta ini melayani rute dari Adelaide menuju Darwin hanya selama seminggu sekali.

The Ghan keluar sebagai jawara yang terpanjang mengungguli saudaranya yaitu kereta The Indian Pacific yang panjangnya mencapai 2.540 kaki (setara 774 meter), kereta jarak jauh di India 1.970 kaki (600 meter), serta kereta RC Locomotive di Swedia sepanjang 1.740 kaki (530 meter).

Perjalanan naik The Ghan bisa jadi pengalaman tersendiri bagi traveler untuk menikmati Australia dengan cara yang berbeda.

Dijamin seru dan berkesan! Bagaimana sobat KAI semua, berani mencoba ?

Source from : DetikTravel