Stasiun Madiun – Heritage episode 1

      Comments Off on Stasiun Madiun – Heritage episode 1

Kota Madiun adalah sebuah kota yang sejak jaman Kerjaan Mataram menjadi tempat yang ramai, dan strategis karena terletak di perbatasan dengan Kerajaan Kediri. Sejak 1832,

Kota Madiun dikuasai oleh pemerintah Hindia Belanda dan menjadi wilayah berstatus karesidenan dan menjadi tempat tinggal orang-orang Belanda dan Eropa lainnya terutama yang berprofesi di bidang perkebunan dan perindustrian karena adanya pengembangan berbagai perkebunan dan pabrik di sekitar kota ini seperti perkebunan tebu dengan pabrik gula, perkebunan teh, kopi, tembakau dan lain-lain.

Berkembangnya perkebunan dan pabrik pengolahan hasil perkebunan membawa akibat pada kebutuhan sarana pengangkutan, dalam hal ini kereta api menjadi pilihan yang paling efisien. Jaringan rel kereta api di kota Madiun dibangun oleh perusahaan kereta api Staats Spoorwegen (SS) dan mulai beroperasi sejak tahun 1882.

Pada jaman dahulu Madiun adalah tempat yang padat jalur kereta api, khususnya jalur kereta api tebu yang beberapa diantaranya terintegrasi dengan jalur kereta api Madiun-Ponorogo.

Salah satu keistimewaan Kota Madiun terkait dengan perkeretaapian adalah disini terdapat industri kereta api PT INKA. PT INKA merupakan perusahaan pembuat gerbong dan kereta penumpang yang kemampuan teknologinya sudah baik dan memiliki fasilitas yang modern.

PT INKA didirikan tahun 1981 dari fasilitas bengkel lokomotif uap yang berlokasi persis di samping Utara Stasiun Madiun. Sekarang perusahaan ini menjadi perusahaan skala besar dan satu-satunya di Asia Tenggara yang bergerak di bidang per kereta apian sehingga produknya sudah dikenal di mancanegara.

Maka kota Madiun merupakan kota yang sarat sejarah perkereta apian, baik di masa lalu dan yang akan menorehkan sejarah kereta api di masa depan.

Bagaimana kelanjutannya ? cekidotin episode selanjutnya..

Source from : Kereta API