Sosialisasi Perlintasan Kereta Api Sebidang di Solo

      Comments Off on Sosialisasi Perlintasan Kereta Api Sebidang di Solo

TiketKAI – Tanggal 17 & 18 September kemarin ada yang berbeda di perlintasan kereta api daerah Solo. Ada sebanyak 120 perlintasan dijaga, tapi terdapat satu palang di Pasar Nongko Kota Solo justru sering diterobos. Hasilnya pengguna jalan yang nekat menerobos mendapat hukuman berupa push up dan menyanyikan Indonesia Raya.

Sayangnya sebagian besar pelanggar adalah anak-anak muda. Mereka nekat menerobos palang kereta api meskipun petugas sudah menurunkan palang. Padahal hal itu merupakan hal yang berbahaya dan tidak dapat dibenarkan.

Daop 6 Yogyakarta sendiri terdapat 445 perlintasan aktif, diantaranya 120 perlintasan yang dijaga dan 240 lainnya tidak dijaga. Terdapat 58 perlintasan tidak resmi dan 27 perlintasan lainnya tidak sebidang, baik berupa underpass  maupun fly over. Selain itu, terdapat 65 perlintasan ditutup Sejak Januari 2018 hingga Juni 2019. Penutupan tersebut karena merupakan perlintasan liar.

Keamanan perlintasan sebidang juga merupakan tanggung jawab PT KAI karena menyangkut keselamatan perjalanan kereta. Karena hal tersebut, PT KAI melakukan sosialisasi sebagai edukasi kepada masyarakat tentang UU Perkeretaapian serta UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sosialisasi ini juga melibatkan komunitas. Kegiatan ini  berlangsung selama dua hari yakni tanggal 17 dan 18 September.

Cara unik dilakukan dalam sosialisasi ini. Para petugas mengalungkan bunga kepada para pengguna jalan sebagai tanda kasih. Hal ini merupakan upaya persuasif kepada para pengguna jalan. Harapannya adalah para pengguna jalan yang akan melintasi bidang kereta api bisa lebih mematuhi peraturan dan tidak nekat menerobos palang kereta api demi keselamatan bersama.

Sosialisasi ini juga melibatkan komunitas dari Indonesian Rail Fans. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama dua hari yakni tanggal 17 dan 18 September. Dalam sosialiasi ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta bersama Dinas Perhubungan Kota Solo, Polresta Solo, serta Jasa Raharja dan komunitas dari Indonesian Rail Fans.

Tentunya setelah sosialisasi ini, para pengguna jalan diharapkan menjadi lebih mengerti peraturan bidang kereta api dan bahaya-bahaya jika nekat menerobos palang pintu kereta api. Sudah banyak korban kecelakaan akibat nekat menerobos kereta api. Jangan sampai kalian menjadi salah satu korban tersebut ya sobat TiketKAI.