Selain Berbahaya, Kamu Juga Bisa Ditilang Jika Nekat Menerobos Perlintasan Kereta Api Sebidang

      Comments Off on Selain Berbahaya, Kamu Juga Bisa Ditilang Jika Nekat Menerobos Perlintasan Kereta Api Sebidang

TiketKAI – PT KAI pada bulan September ini mensosialisasikan keselamatan berkendara bagi para pengguna jalan yang melintas di perlintasan sebidang. Selain sosialisasi keselamatan, PT KAI juga mensosialisasikan penindakan bagi para pengguna jalan yang menerobos perlintasan di rel kereta api.

Sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 17 dan 18 September 2019. Tak hanya di Jakarta tapi di beberapa daerah juga dilakukan sosialisasi serupa antara lain di Koa Solo dan jugadi Madiun.

Diketahui sudah ada Undang – Undang yang membahas mengenai perlintasan kereta api. Undang – Undang Perkereta Apian dan Undang – Undang Lalu Lintas sudah dicantumkan peraturan, apabila melanggar aturan perlintasan bisa dikenai tindak pidana

Sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan keselamatan para pengguna jalan, terutama ketika melintas di perlintasan sebidang. Diharapkan juga mulai tumbuhnya kesadaran di masyarakat terutama para pengguna jalan agar menaati peraturan di perlintasan sebidang. Peraturan ini dibuat demi keselamatan para pengguna jalan dan perjalanan kereta api.

DAOP 1 Jakarta mencatat ada 458 perlintasan sebidang yang mayoritas tidak terjaga di daerahnya. Untuk mengurangi angka kecelakaan, pihaknya berupaya untuk menutup perlintasan yang tidak terjaga oleh petugas. Memang ada Undang-Undang yang mengatur perlintasan yang tidak dijaga petugas. Perlintasan tersebut akan ditutup karena tidak memiliki izin. Sepanjang 2019 sudah ada 27 perlintasan sebidang kereta api liar yang sudah ditutup.


Ada peran Pemerintah Daerah juga untuk mengevaluasi perlintasan sebidang di masing-masing wilayah. Sudah ada usulan dan wacana untuk membuat underpass atau fly over di perlintasan kereta api sebidang. Hal ini untuk mengantisipasi kecelakaan di perlintasan juga memberikan keamanan yang lebih bagi para pengguna jalan ketika melintasi perlintasan kereta api.