Mengenang Jayanya Kereta Api Uap di Indonesia Lewat Ambarawa

      Comments Off on Mengenang Jayanya Kereta Api Uap di Indonesia Lewat Ambarawa

TiketKAI  – Selain kereta yang biasa mengangkut penumpang sehari-hari, PT Kereta Api Indonesia (KAI) ternyata masih memiliki unit kereta uap bergerigi. Kereta yang tersimpan di Museum Kereta Api Ambarawa. Kereta api uap Ambarawa juga disewakan untuk umum dengan harga mulai 5 juta hingga 15 juta.

Hingga kini PT KAI mempunyai  3 lokomotif kereta uap yang masih dioperasikan untuk melayani wisatawan. Apabila ingin mencoba lokomotif uap bergerigi dengan rute Stasiun Ambarawa hingga Stasiun Bedono, Kabupaten Kecamatan Jambu Semarang, kamu setidaknya perlu menyiapkan tarif sebesar Rp 15 juta dengan 2 gerbong berkapasitas 80 orang.

Alternatif kedua bisa mencoba rute Stasiun Ambarawa ke Stasiun Tuntang dengan menggunakan lokomotif uap dan kereta kayu. Tarif untuk kereta uap dengan kapasitas 40 penumpang tersebut seharga Rp 10 juta.

Tapi, apabila ingin menyewa 2 gerbong saja, tarifnya Rp 12,5 juta dan untuk sewa 3 gerbong biayanya Rp 15 juta. Kemudian sewa lokomotif diesel dan kereta kayu dari Ambarawa menuju Tuntang 1 gerbongnya dibanderol Rp 5 juta, 2 gerbong dikenai Rp 7,5 juta, dan 3 gerbong seharga Rp 10 juta.

Sementara itu, untuk tarif reguler setiap hari  Sabtu dan Minggu rute Ambarawa-Tuntang menggunakan lokomotif diesel dikenai tarif sebesar Rp 50 ribu per orang. Harga tiket masuk Museum Kereta Api Ambarawa dihargai Rp 10 ribu untuk pengunjung dewasa dan anak-anak hanya dikenai biaya Rp 5 ribu.

Jumlah koleksi lokomotif di Museum Kereta Api Ambarawa adalah 26 lokomotif. Dari 26 lokomotif itu, terdapat 21 lokomotif kereta yang hanya untuk keperluan display dan tidak dapat berjalan. Sedangkan 5 lokomotif sisanya terdiri dari 2 diesel dan 3 uap yang masih dapat beroperasi.

Museum Kereta Api Ambarawa ini pun dekat dengan beberapa tempat wisata lainnya seperti Bandungan, Rawa Pening, monumen  palagan Ambarawa, dan lainnya, Kamu juga bisa berkeliling sekitar museum Kereta Api Ambarawa dengan menggunakan delman.

Wisata ini memang cocok dijadikan wisata keluarga serta tempat untuk mengoleksi foto-foto unik dan cantik. Selain banyak kereta-kereta dari masa lalu, bangunan disini juga masih berasitektur lawas dan instagenic.