Inilah Daftar 5 Kereta Cepat Di Dunia, Siapa yang Tercepat?

      Comments Off on Inilah Daftar 5 Kereta Cepat Di Dunia, Siapa yang Tercepat?

Kereta Api merupakan salah satu angkutan yang populer digunakan oleh masyarakat untuk bepergian. Selain nyaman dan cepat, Kereta Api kini banyak mengalami evolusi dan perubahan, seiring dengan semakin canggihnya teknologi – teknologi yang ditemukan.

salah satu Negara yang getol menciptakan sekaligus mengembangkan teknologi kereta modern adalah  Jepang yang terkenal dengan kereta peluru yang bernama Shinkasen. Dengan teknologi tersebut, Jepang sukses disebut sebagai negara Asia pertama yang mempunyai kereta cepat dengan teknologi Magnetic Levitation (Maglev)

Baru – baru ini, Negeri tirai bambu, China, juga telah menyusul kesuksesan Jepang dalam menciptakan kereta cepat terbarunya yang diramalkan menjadi pesaing dari kereta cepat Shinkasen buatan jepang.

 

Baca Juga Tips berburu tiket Kereta Api online saat musim liburan

 

Untuk lebih jelasnya, inilah daftar dari Negara – negara di dunia yang mempunyai kereta api cepat diurutkan berdasarkan kecepatan laju keretanya.

 

1. JR-Maglev MLX01 (Jepang)

Kereta yang resmi mulai beroperasi pada tahun 2003 ini mempunyai kecepatan maksimum hingga 581 kilometer per jam. Teknlogi kereta yang menggunakan levitasi magnetik (maglev) ini, dikembangkan oleh Japan Railway Technical Research Institute (berasosiasi dengan Japan Railway Group) mempunyai trayek yang menghubungkan antara kota Tokyo dengan Osaka.

kereta yang resmi tercatat di museum Guiness Book of record ini dinobatkan sebagai kereta api listrik tercepat di Asia dan Dunia. Cara kerja kereta yang di desain seperti moncong pesawat ini cukup unik. Dengan menggunakan sistem superkonduktor, kereta ini melayang 10 cm di atas rel. kemudian, laju dorongan ke depan dapat terjadi berkat interaksi antara rel magnetik dengan mesin induksi yang menghasilkan medan magnetik di dalam kereta.

2. TGV – Train à Grande Vitesse (Perancis)

Pengembang Alstom dan SNCF mulai mengoperasikan kereta cepat ini secara resmi pada tahun 1981. Trayek kereta yang operasi hariannya dipegang oleh SNCF, Perusahaan rel Nasional Perancis, menjadi  penghubung antar kota ke dan dari Paris hingga ke kota – kota di negara Eropa lainnya.

Dengan kecepatan maksimum 574,8 kilometer per jam, Kereta cepat TGV melayani rute antara kota Lyon dan kota Paris. karena banyak menuai kesuksesan, trayeknya kemudian ditambah hingga merambah ke kota lainnya di Perancis juga negara Eropa lainnya.

Teknologi yang digunakan yakni supercharged engine serta penggunaan roda kereta yang besar. Tercatat, rekor kecepatan yang dihasilkan saat ini mencapai 574,8 km/jam. Selain menggunakan teknologi supercharged engine, kereta cepat ini juga dikenal memiliki sistem pengereman yang mumpuni.

Sistem pengereman yang digunakan pada kereta TGV ini adalah sistem rem elektrik pada bogie yang mempunyai motor traksi dan rem cakram (disc brake) pada bogie kereta/trailer, sehingga membuat para penumpang nyaman di dalam kereta

 

Baca Juga Bagi ibu hamil, kenali aturan dan kebijakan terbaru dari PT. Kereta Api Indonesia 

3. ICE – Inter Citi Express (Jerman)

Sebagai negara Industri, Jerman juga mempunyai inovasi teknologi pada kereta cepat yang bisa diandalkan. Pabrikan siemen yang mengembangkan kereta cepat tersebut, secara resmi mulai di operasikan pada tahun 1980 sebagai penghubung antar kota di wilayah Jerman sendiri antara Hannover, Wurzburg, Mannheim, dan Stuttgart.

Kereta yang mempunyai kecepatan maksimum hingga 550 kilometer per jam ini, merupakan bagian dari program pemerintah Jerman untuk memenuhi kebutuhan transportasi di dalam negeri yang semakin berkembang. meski mempunyai kecepatan maksimum hingga 550 kilometer per jam, pada kenyataannya kereta ini hanya dioperasikan dengan kecepatan 220 kilometer per jam saja.

Sayangnya, pada tahun 2006, kereta yang juga menjadi kereta cepat pertama di Jerman ini tercatat pernah mengalami kecelakaan dan menyebabkan penumpang Sebanyak 23 jiwa tewas dalam kecelakaan tersebut.

4. CRH 380A Maglev Shanghai (China)

Seolah tak ingin kalah dengan Negara tetangganya, China juga berambisi untuk  bersaing dengan Jepang dalam hal teknologi kereta cepat. Perusahaan China South Locomotive & Rolling Stock Corporation (CSR) secara resmi Mulai mengoperasikan kereta ini pada tahun 1999 dengan menggunakan bantuan teknologi dari Jerman.

Dengan kecepatan maksimum hingga 430 kilometer per jam, kereta cepat ini mengambil jalur antar kota  yaitu Shanghai-Hangzhou. Kereta ini juga sanggup mengambil penumpang dari Pudong International Airport yang kemudian menuju ke Longyang Road Station di pusat kota hanya dengan waktu 8 menit saja.

Keunggulan lain dari kereta ini terletak pada desain interiormya yang bersih dan elegan. Sudah barang pasti penumpang merasa dimanjakan selama perjalanan. Terlebih, kereta cepat ini juga tidak menimbulkan goncangan sedikitpun saat melaju membawa para penumpangnya ke tempat tujuan.

5. KTX  (Korea Selatan)

Senada dengan rekan sejawat Asia-nya, Korea Selatan juga serius untuk membenahi transportasi keretanya dengan membuat kereta cepatnya sendiri yang dikembangkan oleh perusahaan Hyundai Rotem. Kereta cepat Korea Selatan ini secara resmi beroperasi pada tahun 1992.

Sama seperti China, Korea memilih untuk mengadopsi teknologi kereta cepat TGV buatan Perancis yang tercatat mampu melesat dengan kecepatan maksimal 352 kilometer per jam. Namun kenyataan di lapangan berkata lain. Kereta cepat yang sejak tahun 2009 di operasikan oleh Korail ini hanya dioperasikan pada kecepatan 250 kilometer per jam demi alasan kemanan.

Trayek kereta yang menjadi penghubung untuk beberapa kota utama di Korea Selatan ini, sanggup membawa 363 penumpang ini  dengan didukung oleh sumber daya listrik sebesar 25 kV/60 AC.

 

 

 

Kata Kunci Populer:

  • kereta api cepat di dunia
  • sejarah kereta dunia
  • kereta api tercepat dari negara
  • https://cepatdaftar blogspot com/
  • kereta api cepat dunia
  • kereta api tercepat di dunia 2017
  • kereta cepat jerman
  • kereta listrik tercepat
  • kereta tgv tercwpat
  • Manakah yang merupakan kereta komersil paling cepat di dunia?
  • kereta cepat dunia