HUT 70 PT. KAI – Harapan Baru Transportasi Indonesia

      Comments Off on HUT 70 PT. KAI – Harapan Baru Transportasi Indonesia

Pada 28 September 2015, PT. Kereta Api Indonesia tepat berumur 70 tahun. BUMN transportasi darat milik pemerintah ini telah 70 tahun menemani masyarakat Indonesia dalam memberikan jasa transportasi darat utama.

Bermula pada tahun 1945 para pejuang kemerdekaan Republik Indonensia yang tergabung dalam oejuang Angkatan Muda Kereta Api (AMKA) berhasil merebut ketea api dari tangan penjajah. Maka seiring kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, perusahaan-perusahaan yang dikuasai oleh Belanda dinasionalisasikan termasuk kereta api.

Dalam perjalanannya PT. Kereta Api Indonesia telah mengalami perubahan dan revolusi yang sangat signifikan tentunya menuju ke arah yang lebih baik lagi. Sebelumnya kereta api memiliki citra yang tidak begitu baik dimata masyarakat Indonesia. Kumuh, rawan kriminalitas, dan tidak nyaman mungkin kesan yang paling diingat oleh para penumpang dan pengguna jasa kereta api.

Namun, mulai tahun 2009 PT. Kereta Api Indonesia sebagai BUMN yang memiliki kendali terhadap perkeretaapian Indonesia mulai berbenah. Satu-persatu perbaikan dilakukan mel mulai dari fasilitas dalam kereta itu sendiri. Gerbong-gerbong mulai diperbaiki, diberi pendingin ruangan, disediakan cleaning service, dsb.

Selain itu perbaikan juga dilakukan di sistem pelayanan PT. Kereta Api Indonesia. Dahulu ketika naik kereta cukup bayar saat sudah naik, hingga banyak penumpang-penumpang gelap, jika harus beli tiket kereta maka calon penumpang harus antri panjang di loket pelayanan. Saat ini anda tidak akan lagi menemui pedagang asongan diatas gerbong, antrian di loket-pun juga sangat jarang karena sekarang seluruh sistem pembelian tiket kereta sudah berbasais online. Jadi Anda bisa membeli tiket kereta api dimana saja, kapan saja. TiketKAI.com adalah salah satu mitra kerjasama dari PT. Tiket Kereta Api yang menyediakan jasa layanan reservasi tiket kereta api online.

Kereta api saat ini menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam menempuh perjalanan darat. Kereta api yang saat ini identik dengan Pulau Jawa dan Sumatera, secara bertahap dan pasti akan dikembangkan di 3 pulau besar di Nusantara, yaitu Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.

Masih banyak peluang dan harapan untuk memajukan Ular Besi PT. Kereta Api Indonesia. Dengan semakin banyaknya peminat dan penumpang KAI, maka tanggungjawab KAI akan lebih besar. Selamat Ulang Tahun ke-70 Kereta Api Indonesia.