Hak Penumpang, Kewajiban Penyelenggara dan Peraturan Kereta Api

      Comments Off on Hak Penumpang, Kewajiban Penyelenggara dan Peraturan Kereta Api

Hak Penumpang, Kewajiban Penyelenggara dan Peraturan Kereta Api

Logo KAI - Semangat kai.id

Logo KAI – Semangat Baru kai.id

           Kereta Api sebagai salah satu moda transportasi darat yang melayani masyarakat Indonesia, terus berinovasi dan meningkatkan kualitas armada yang dimiliki agar dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan bagi seluruh penumpang. Selain mengusung peningkatan di berbagai sektor, pemeliharaan dan partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk dapat mewujudkan Kereta Api yang mampu menjadi pilihan utama transportasi masyarakat. Bagi para penumpang, terdapat sejumlah peraturan yang harus dipatuhi, agar proses laju transportasi Kereta Api berjalan lancar dan kondusif.

   Setiap orang yang naik atau berada di dalam Kereta Api dilarang melakukan tindakan di bawah ini:

  1. Mabuk;
  2. Berjudi;
  3. Melakukan perbuatan asusila;
  4. Membawa barang berbahaya;
  5. Membawa barang terlarang;
  6. Berperilaku yang dapat membahayakan keselamatan dan/atau mengganggu penumpang lain;
  7. Duduk atau tidur di bordes atau lantai Kereta;
  8. Membahayakan perjalanan Kereta Api;

*Orang yang terjangkit penyakit menular atau orang yang menurut Undang – Undang dapat dikenakan peraturan pengasingan untuk kesehatan dilarang naik Kereta Api.

           Bagi penumpang yang melanggar larangan tersebut, tidak diperbolehkan naik Kereta Api atau jika kedapatan di dalam Kereta Api maka diturunkan pada kesempatan pertama.

          Peraturan yang berlaku bertujuan untuk melindungi hak para penumpang untuk mendapatkan transportasi yang baik dan merupakan kewajiban pihak Kereta Api untuk menyediakan perjalanan dengan pelayanan terbaik. Dengan terciptanya perjalanan yang baik, nyaman, dan menyenangkan akan meningkatkan tingkat kepuasan pengguna Kereta Api.

Kata Kunci Populer:

  • peraturan di dalam kereta api