Cara Mudah Membedakan MRT dan LRT

      Comments Off on Cara Mudah Membedakan MRT dan LRT

Membedakan MRT dan LRTMembedakan MRT dan LRT – Mass Rapid Transit atau biasa disebut MRT merupakan sebuah sistem transportasi massal dan transit cepat yang merupakan transportasi berbasis rel listrik yang efektif dan nyaman dan telah terbukti hasilnya dengan banyak diterapkannya moda transportasi ini oleh kota-kota besar yang terdapat di berbagai negara.

Sedangkan LRT atau Light Rapid Transit merupakan sebuah terobosan inovasi baru dari dunia transportasi dengan mengusung tema “integrated transportation“, menggunakan U-Shape Grider dan ini merupkan untuk pertama kalinya di Indonesia.

6 Perbedaan Utama antara MRT dengan LRT, bisa dilihat ditabel berikut :

MRT LRT
Perlintasan Rel MRT umumnya merupakan kombinasi rel layang dan rel bawah tanah. Rel LRT semua berupa rel layang.
Jumlah Rangkaian Kereta Jumlah gerbong/kereta rata-rata 6 kereta. Jumlah gerbong/kereta 2 sampai 4 kereta.
Kapasitas Penumpang 1.800 penumpang. 600 penumpang.
Target Penumpang 173.400 penumpang 360.000 penumpang.
Dimensi Body 3,2 – 3,5 meter 2,7 – 2,8 meter
Kecepatan 100 kilometer/jam 30 – 40 kilometer/jam

Namun dibalik perbedaan itu, baik MRT maupun LRT sama-sama digerakkan oleh aliran listrik di bagian atasnya. Kemudian, kedua moda transportasi ini punya ukuran rel yang sama, yaitu 1067 milimeter.

Demikian ulasan Membedakan MRT dan LRT yang bisa kami berikan. Untuk pemesanan tiket Kereta Api, silakan mengunjungi tiketkai.com atau menggunakan Aplikasi untuk membantu melakukan pemesanan tiket kereta api. Aplikasi bisa Anda download di Google Store.

Tiketkai
  • Perbedaan MRT dan LRT
5