BJ Habibie dan Warisannya di Dunia Kereta Api Indonesia

      Comments Off on BJ Habibie dan Warisannya di Dunia Kereta Api Indonesia

TiketKAI – Pada 11 September 2019, rakyat Indonesia berduka karena telah kehilangan salah satu putra terbaiknya. Pukul 18.05 Pak Habibie menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto. Ucapan belasungkawa ramai dipanjatkan untuk Presiden ke-3 Indonesia.

Pak Habibie merupakan salah satu putra Indonesia yang berprestasi. Banyak karyanya yang mendunia, terutama dalam bidang dirgantara. Pak Habibie pun pernah membuat pesawat Indonesia pertama. Namun, ternyata Pak Habibie juga memiliki jasa besar di industri kereta api.

BJ Habibie merupakan salah satu insan Indonesia yang berjasa di bidang transportasi. Salah satunya lewat pembangunan industri kereta api, lewat PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero). BJ Habibie sendiri merupakan pendiri PT INKA(Persero) pada 1981.

PT INKA (Persero) berdiri tanggal 18 Mei 1981. PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kereta api terintegrasi pertama di Asia Tenggara.

Fokus INKA adalah menghasilkan produk dan jasa kereta api. Produk INKA telah diekspor ke berbagai negara, seperti Bangladesh, Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Australia.

PT INKA (Persero) terus mengalami perkembangan. Diawali dengan produk kereta penumpang kelas ekonomi dan gerbong barang. Aktivitas bisnis PT INKA(Persero) yang ada kini berkembang mulai dari penghasil produk dasar menjadi penghasil produk dan jasa perkereta apian dan transportasi yang bernilai tinggi.