Pesan Tiket Kereta Api Ekonomi Surabaya Secara Online dan Offline. Mana yang Lebih Menguntungkan?

      Comments Off on Pesan Tiket Kereta Api Ekonomi Surabaya Secara Online dan Offline. Mana yang Lebih Menguntungkan?

Perubahan teknologi yang pesat dari tahun ke tahun, banyak berperan serta mengubah seluruh sektor bisnis yang ada. Mulai dari diterapkannya sistem bisnis secara online yang terstruktur, hingga model pemasaran digital yang mengandalkan sebaran sosial media.

Salah satu sektor bisnis yang telah menerapkan sistem online ini adalah PT.KAI. Seluruh proses pencarian seperti daftar harga tiket kereta ekonomi maupun proses reservasi tiketnya, telah ditangani secara otomatis dan sistematis secara online.

Pencarian yang banyak dilakukan oleh penumpang seperti jadwal dan harga tiket kereta api Surabaya Jakarta, merupakan salah satu pencarian rute yang paling populer digunakan pada sistem online.

Selain perubahan sistem yang terus menerus diperbaharui, calon penumpang juga bisa dengan mudah mengakses sistem yang disediakan untuk melihat jadwal keberangkatan kereta api dengan informasi lengkap mengenai rute dan stasiun yang dituju.

Selain menyajikan informasi keberangkatan secara lengkap, sistem online yang ada pada proses reservasi tiket kereta api, juga menyediakan informasi mengenai harga tiket kereta api ekonomi, bisnis dan eksekutif dengan berbagai jurusan seperti Surabaya, Jakarta, Jogja dan Bogor.

Pencarian secara online pada jadwal kereta ekonomi jurusan Surabaya, Jakarta, Jogja dan kota – kota besar lainnya, menjadi salah satu fitur yang paling banyak diakses oleh pengguna di pulau Jawa, terutama saat musim mudik lebaran tiba.

Perbedaan Sistem Online dan Sistem Offline

Secara definisi, ada perbedaan yang cukup mencolok dari kedua platform ini. Namun secara garis besar, keduanya tetaplah sebuah mekanisme kerja dan pola yang mempunyai strukur dan fungsi didalamnya.

Sistem Online

Sistem yang diperkenalkan sejak era internet dan dunia digital mengalami perkembangan yang cukup pesat ini, meruapakan paltform yang banyak digunakan dalam mnyelesaikan masalah maupun pekerjaan secara efisien dan cepat, terutama pada  sebuah bisnis.

Sistem Offline

Kebalikan dari sistem online, platform offline merupakan sistem konvensional tradisional yang biasa dilakukan sebelum berkembangnya era digital online. Sistem yang juga umum disebut sebagai proses manual ini, kian terancam keberadaana oleh sistem online yang lebih populer. Namun begitu, sistem offline ini tidak bisa ditinggalkan begitu saja, terutama pada dunia bisnis.

Proses kerja pada bisnis penjualan tiket yang dikelola secara online, tentu mempunyai hasil yang berbeda dengan proses offline. Salah satu contohnya adalah, kecepatan pada saat transaksi, kemudahan akses, waktu yang lebih singkat serta hemat.

Kelebihan dan kekurangan reservasi tiket kereta api ekonomi secara online maupun offline

Kelebihan Secara online

1. Mudah diakses

Teknologi online yang semakin berkembang memudahkan konsumen untuk mengakses fitur – fitur yang disediakan dengan mudah. Teknologi online yang diterapkan pada sistem pemesanan tiket kereta api memberikan kenyaman pada konsumen, khususnya pada saat bertransaksi

2. Lebih hemat dan praktis

Kelebihan dari penggunaan sistem online pada sistem penjualan tiket kereta api adalah lebih hemat dan prkatis, baik dari segi waktu, proses pemesanan hingga pembayaran. Semua dilakukan secara otomatis oleh sistem yang ada.

3. Proses yang singkat

Pemesanan tiket kereta api melalui sistem online yang terintegrasi secara otomatis, dinilai mampu mempersingkat proses reservasi tiket yang dilakukan pengguna. Tanpa perlu mengunjungi gerai atau loket secara fisik.

5. Tersedia selama 24 jam nonstop

Berbeda dengan gerai fisik penjualan tiket kapal laut yang berbasis toko offline. Salah satu nilai lebih dari kesleuruhan manfaat yang didapat adalah tersedianya tiket dalam selama 24 jam nonstop.

6. Mudah diakses dimanapun berada

Sistem online yang terintegrasi memungkinkan pengguna dapat mengakses fitur – fitur yang yang ada dimanapun dan kapanpun. Dengan perangkat elektronik seperti ponsel pintar dan laptop yang terkoneksi dengan jaringan internet, memungkin pengguna mengakses fitur – fitur tersebut di sela – sela kesibukannya.

Kekurangan Secara Online

1. Sistem kemanan yang rentan

Bukan sebiah rahasia, jika teknologi online pada saat ini, khususnya pada unit bisnis yang berbasis penjualan maupun tentu mempunya celah kemanan di setiap sistemnya. Celah yang dinamakan “bug” ini bisa menjadi sesuatu yang berbahaya jika jatuh ke tangan yang salah.

Selain merusak sistem maupun terjadi penyusupan secara ilegal, celah keamanan yang dirusak ini juga bisa merugikan jalannya bisnis dan penggunanya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya layanan berbasis online yang lumpuh akibat serangan pada celah keamanan pada sistem mereka.

2. Tidak semua orang terjangkau sistem online

Hal semacam ini banyak ditemukan pada masyarakat pedesaan yang umumnya belum paham dan mengerti tentang teknologi dan perkembangannya. Tentunya, hal ini akan sangat menyulitkan bagi mereka.

Belum lagi ketersediaan infrakstruktur seperti inernet yang belum menjangkau ke seluruh pelosok pedesaan, juga menjadi salah hambatan yang dihadapi. Faktor usia juga sangat berpengaruh terhadap pola pikir sebagian masyarakat dalam menyikapi teknologi secara online.

3. Banyak masyarakat yang belum melek teknologi

Di Indonesia, masih banyak masyarakat yang justru menafikan keberadaan teknologi maupun sistem online. Jika dilihat lebih jauh, golongan masyarakat ini justru merasa nyaman dengan layanan yang bersifat tradisonal konvensional atau sistem offline dalam menyelesaikan kebutuhan mereka.

Kelebihan secara offline

1. Bisa bertemu langsung secara fisik

Layanan offline yang berbasis sistem konvensional tradisional, dahulu menjadi sebuah                 kebutuhan bagi masyararkat umum sebelum ditemukannya teknologi secara online. Begitu juga dengan layanan reservasi tiket kereta api. Banyak dari masyarakat cenderung lebih suka mengantri di loket secara langsung.

2. Jika terjadi kesalahan, komplain jadi lebih mudah

Salah satu keunggulan dari sistem offline pada bisnis penjualan tiket kereta api adalah, masyarakat diuntungkan dengan kehadiran meraka secara fisik dengan mengantri di loket. Jika terjadi kesalahan atau adanya kekliruan secara administrasi, bisa ditangani secara cepat.

Kekurangan secara offline

1. Memakan waktu dalam setiap proses transaksinya

Kinerja layanan online dan offline tentu mempunyai perbedaan yang mendasar. Terutama dari segi estimasi waktu yang dibutuhkan pada saat proses kerja berlangsung. Sistem online tentu memberikan hsil yang lebih cepat terhadap layanannya.

Reservasi Tiket Kereta di TiketKAI.com

Pemesanan tiket online bisa dilakukan melalui aplikasi atau website, sedangkan untuk pembelian tiket offline bisa melalui loket yang ada di Stasiun Kereta api Bandara.

Untuk melakukan reservasi online serta melihat jadwal kereta serta cek ketersedian kursi, harga serta promo terbaru untuk tiket kereta api, silakan klik: https://www.tiketkai.com/ atau mempergunakan aplikasi TiketKAI mobile untuk android.

Jangan lupa, Segera download aplikasi TiketKAI mobile dan nikmati kemudahan layanan pembelian tiket kereta api yang melayani semua rute Stasiun.

Silahkan kunjungi Google Play untuk mengunduh Aplikasi Android TiketKAI Mobile. Klik Logo Google Play di bawah ini untuk memasang Aplikasi TiketKAI Mobile.

download APK fastKAI - tiketkai

* Harga tiket dan jadwal kereta dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Kata Kunci Populer:

  • offline kereta besar
  • pesan tiket kereta api ekonomi online
  • cara pesan tiket kereta api off line
  • pesan tiket kereta api lokal online
  • bedanya cari tiket online atau langsung ke loket
  • pesen tiket di stasiun beda
  • cek ketersediaan tiket kereta api ekonomi
  • pemesanan tiket KA ekonomi Lokal
  • penjelasan tentang perbandingan penjualan tiket kereta api online dengan tidak
  • perbedaan beli tiket online vs di stasium
  • pembagian kereta api online dan langsung di loket
  • pembagian antara tiket online dan ofline untuk kereta
  • perbedaan harga beli tiket kereta online
  • perbedaan harga tiket kereta beli langsung dan online
  • perbedaan pesan tiket kereta api online dan langsung
  • pesan tiket kereta api online ekonomi
  • pesan tiket kereta online dari surabaya ke jogja
  • pesen tiket ka online
  • pesen tiket kereta api loka
  • sistem pembelian tiket di stasiun
  • sistem pembelian tiket kereta api
  • apakah ada kuota tiket kereta online dengan diloket stasiun
  • kereta offline
  • apakah tiket ekonomi ada di loket penjualan
  • apakah tiket kereta di online beda dgn di loket
  • Apakah tiket stasiun dan online sama
  • aplikasi yang memilik pembagian tiket kereta
  • beda harga tiket di stasiun dan online
  • beli tiket kereta di stasiun yg berbeda
  • bisakah belo tiket ka ekonomi lokal secara online