Argo Bromo Anggrek, Legenda Hidup Kereta Api Cepat Indonesia

      Comments Off on Argo Bromo Anggrek, Legenda Hidup Kereta Api Cepat Indonesia

TiketKAI – Argo Bromo Anggrek boleh dibilang sebagai legenda kereta api Indonesia. Argo Bromo Anggrek bisa berlari sampai 100 Km/jam, dan menjadi kereta api dengan jarak tempuh terjauh dengan waktu tercepat di pulau Jawa.

Argo Bromo Anggrek  mengular menempuh jarak sejauh 725 Km untuk menghubungkan Jakarta Gambir (GMR) – Surabaya pasar Turi (SBI) dan sebaliknya.  Dengan Argo Bromo Anggrek, jarak tersebut dapat ditempuh dengan waktu hanya 9 jam

Argo Bromo Anggrek lantaran kereta api ini ditarik oleh lokomotif CC 206, yang kecepatan maksimalnya mencapai 120 Km/jam. Jalur ganda di jalur Pantura yang dilewati juga sangat membantu dalam mempersingkat waktu tempuh Jakarta-Surabaya via jalur darat.

Argo Bromo JS-950 diluncurkan tanggal 31 Juli 1995 berbarengan dengan KA Argo gede. JS-950. JS  memiliki arti Jakarta-Surabaya. 950 berarti waktu ditempuh selama 9 jam dan diluncurkan tepat di HUT RI yang ke-50.

KA Argo Bromo adalah yang tercanggih di Indonesia pada zamannya. Rangkaiannya memakai bogie K9 yang terkenal nyaman karena bersuspensi udara. Selain itu, gerbong kereta dilengkapi pintu otomatis, dan toilet yang memiliki kotak penampung agar limbah kotoran tidak langsung dibuang di rel.

Karena minimnya perawatan yang dilakukan, fasilitas-fasilitas mewah di Argo Bromo perlahan berganti lagi sesuai kelas eksekutif biasa. Hingga akhirnya, KA Argo Bromo Anggrek muncul sebagai Argo Bromo generasi kedua, dan tetap menjadi kereta api kebanggaan DAOP VIII Surabaya hingga saat ini.

Awal masa operasionalnya, KA Argo Bromo Anggrek sempat melaju bersama KA Argo Bromo JS-950. Karena kebijakan yang dikeluarkan PT. KAI, akhirnya nama Argo Bromo Anggrek yang dipakai. Sedangkan rangkaian kereta JS-950 diberikan ke KA Bima.

Peremajaan terus dilakukan dengan perawatan-perawatan intensif. Ini membuat KA Bromo Anggrek tetap nyaman ditunggangi, walau interior beberapa gerbongnya masih bernuansa lawas.

KAI pun melakukan inovasi di KA Bromo Anggrek. Terbaru diluncurkan kelas eksekutif luxury pertama di rangkaian KA Argo Bromo Anggrek. Kelas eksekutif luxury adalah kelas mewah dengan kursi sleeper yang bisa dipakai untuk posisi tidur.